6 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Membeli Rumah

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Membeli Rumah - Apa yang Kamu pikirkan setelah memiliki keluarga?

Tentu saja mulai dari pekerjaan, keuangan, dan yang paling penting yaitu hunian tempat tinggal.

Salah satu planing yang akan Kamu rencanakan pastilah tidak jauh dari hunian tempat tinggal atau rumah.

6 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah
Memiliki rumah adalah impian dari setiap orang yang baru saja memiliki keluarga setelah menikah ataupun karena memang sudah direncanakan.

Baca Juga :



Segeralah membeli rumah impian Kamu, karena harga properti semakin lama meningkat lho, tetap semangat.

Membeli rumah memang tidaklah boleh asal beli saja, beberapa orang terkadang tidak memikirkan berbagai macam kemungkinan jika asal beli rumah dikarenakan sesuai dan nyaman saat pertama dilihat.

Untuk itu Kamu perlu perhatikan beberapa hal sebelum membeli rumah, dan bagaimana contoh rumah yang bagus untuk dibeli agar Kita tidak kecewa dimasa mendatang.

Ya langsung saja agar Kamu bisa menambah pengalaman Kamu, bagaimana sih memilih rumah yang bagus.

Saya akan jelaskan beberapa kriteria rumah yang bagus dan baik untuk dibeli.

Kriteria rumah yang bagus dan baik untuk dibeli :

1. Perhatikan kondisi lokasi

Memperhatikan kondisi lokasi tentu tidak boleh terlewatkan oleh Kita agar tidak salah pilih dalam membeli rumah.

Lokasi yang tepat dan nyaman akan membuat Keluarga lebih nyaman untuk menempati sebuah rumah hunian saat ini.

Jangan membeli rumah yang lokasinya diarea dataran yang tinggi bahkan dekat tebing curam, hal ini untuk antisipasi agar terhindar dari kemungkinan longsor tentu dengan memperhatikan rata-rata siklus cuaca pada lokasi tersebut.

2. Lihat ukuran batas, rumah beserta halaman jika memilikinya

Memperhatikan batasan wilayah yang dimiliki pada rumah yang akan dibeli sangatlah diperlukan agar Kita tahu sebagai pemilik baru.

Sesuaikan data yang ada diakta tanah, surat tanah dengan mengukur batas meteran area rumah secara langsung atau bisa diperkirakan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak dinginkan.

3. Cek kondisi sumber air ke rumah

Mengecek kondisi dan dimana letak sumber air yang ada untuk rumah sangat diperlukan agar Kita tahu kualitas air yang mengalir kerumah Kita dan lokasi sumber air tersebut masih pada area rumah.

4. Memperhatikan Kondisi atap dan plafon rumah

Memperhatikan kondisi atap atau plafon sangat diperlukan agar Kita tahu jika saja ada bagian yang bocor atau tidaknya agar Kita tidak kesulitan diwaktu mendatang.

5. Mencoba menggunakan toilet atau wc

Kita harus memperhatikan toilet atau wc yang ada pada rumah yang akan Kita beli agar tahu apakah segala fungsi masih berjalan semestinya.

Banyak berbagai kemungkinan seperti wc atau toilet yang mampet, bagaimana Kita tahu jika belum mencobanya terlebih dahulu.

6. Keaslian sertifikat tanah atau surat kepemilikan tanah

Hal ini yang wajib Kamu perhatikan sebelum membeli rumah agar Kamu tidak merasa tertipu atau semacamnya.

Melakukan pengecekan terhadap surat-surat tanah sangat dianjurkan agar Kita tahu keaslian dari sertifikat tanah dari rumah yang akan Kita beli.

Untuk mengetahui bagaimana membedakan sertifikat tanah yang asli atau palsu Kamu bisa menannyakan pada pihak kantor pertanahan diwilayah masing-masing atau tanya kepada teman, kerabat keluarga yang paham soal sertifikat tanah.

Itulah beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan sebelum membeli rumah, agar Kita tahu seperti apa rumah yang bagus dan baik untuk dibeli.

Kamu bisa meminta saran kepada orang terdekat yang telah terbiasa melakukan jual beli rumah dan juga bisa meminta saran orang tua.