Jenis-jenis Rumah Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membangun ataupun Membelinya

Rumah yaitu adalah salah satu dari nama lain properti, dan properti sendiri merupakan sebuah benda yang bisa berupa rumah, apartemen, rumah susuh, resort dan sejenis bangunan lainnya.

Rumah atau kata lainnya yaitu hunian yang perlu ada sebagai tempat sebuah keluarga bertempat tinggal ataupun bagi sekumpulan orang yang tinggal dirumah.

jenis-jenis-rumah-yang-sering-dihuni


Namun tahukah Kamu? rumah memiliki beragam jenis, mulai dari bentuk, type dan jenis sesuai dengan kondisi dimana rumah itu berada.

Jenis-jenis rumah yang belum Kamu ketahui mungkin akan sedikit menambah wawasan Kita mengenai jenis-jenis rumah, Saya akan ambil contoh jenis-jenis rumah yang ada diindonesia


Berikut ini jenis jenis rumah yang ada di indonesia :


1. Rumah Tunggal ( Detached )

Dapat kita kenal salah satu jenis rumah ini yaitu dari ciri khas namanya tempat tinggal tunggal yang artinya, jenis rumah yang satu ini adalah rumah tinggal yang terbangun terpisah diantara rumah lainnya.

Ciri-ciri dari rumah tunggal biasanya memiliki batasan atau meteran persekian luas bangunannya, Dibangun dari awal oleh pemiliknya, memiliki halaman rumah yang lebih luas, memiliki sumber mata air sendiri dan type dari rumah tunggal sangatlah beragam.

2. Rumah Koppel ( Type Sama )

Rumah tunggal yang satu ini masih dalam kategori rumah tunggal namun yang membedakan ialah rumah ini terpisah hanya oleh sebuah tembok yang memiliki ukuran yang sama dan masih dalam jarak yang sangat berdekatan dengan rumah lain yang seukuran dan memiliki type yang sama.

3. Rumah Tapak


Jenis rumah ini hanya ada pada daerah dataran yang stabil karena rumah yang satu ini memiliki lantai yang langsung menapak ketanah dan satu lagi, rumah ini dibangun secara terpisah dengan rumah lainnya

Namun karena semakin bertambah tingginya harga properti sampai saat ini, rumah yang satu ini sedikit berekontruksi menadi rumah yang terbangun secara berjajaran dengan rumah lainnya.

4. Rumah Townhouse

Rumah ini sering dipanggil atau dengan sebutan apartemen horizontal, dikarenakan rumah bergandeng ini dibangun dengan bentuk yang hampir sama seluruhnya mulai dari desain dan interior rumah.

Grup dari rumah gandeng ini biasanya tersedia area taman, swalayan ataupun minimarket didalamnya. Mungkin rumah yang satu ini Kamu kenal sebagai perumahan resident di indonesia.

5. Rumah susun ( Flat )

Mungkin Kamu sering mengetahui atau melihat banyak proyek-proyek yang membuat atau melakukan pengerjaan untuk membangun rumah ini.

Rumah yang satu ini didesain modern namun minimalis Kita dapat menyebutnya sebagai rumah semi apartemen. Yang tidak kalah menarik jenis rumah susun juga sangatlah menjadi incaran bisnis para investor properti karena bisnis properti sangatlah menguntungkan karena harga nya yang selalu memiliki peningkatan.

6. Rumah Culster


Rumah ini adalah yang paling banyak orang ketahui yaitu sebuah komplek perumahan yang dimana setiap bangunannya dibangun dengan desain yang sama.

Jenis rumah ini bisa dikategorikan hampir sama persis dengan rumah townhouse yang membedakan nya hanya rumah cluster memiliki pembatas area dimana rumah ini dibangun sedangkan rumah townhouse tidak memiliki pembatas area wilayah tempat dimana rumah jenis townhouse dibangun.

Selain itu juga rumah jenis cluster ini paling banyak dihuni oleh orang, memiliki banyak fasilitas pada area komplek perumahan serta juga jenis rumah yang satu ini disukai oleh para investor properti yang ingin berinvestasi properti rumah.

7. Rumah Kondotel ( Kondominium Hotel )


Kondotel  jenis hunian seperti apartemen namun memiliki pelayanan dan fasilitas meyerupai hotel. Awalnya hunian ini populer di USA sebagai bangunan mewah yang dimiliki oleh perorangan layaknya apartemen. Ketika si pemilik sudah tidak menempati kondotel ini maka tempat ini pun akan disewakan kembali layaknya hotel.

8. Rumah Pluto (Penyendiri/Terpencil)


Ini masuk kategori terbaru dalam kelompok jenis rumah, dari yang bisa Kita ketahui sendiri dari namanya yaitu sama dengan planet pluto yang menyendiri.

Rumah seperti ini biasanya tidak memiliki kawanan bangunan lain disekitarnya, jenis rumah ini biasanya ada di lokasi-lokasi tertentu yang dimana sangat sulit untuk mendirikan bangunan atau terbilang memiliki dataran yang unik sehingga tidak dapat dibangun lebih dari satu.

Jenis rumah pluto biasanya berada karena suatu kondisi tertentu yaitu seperti pada suatu area memang belum terjamah oleh bangunan apapun.

Jenis rumah pluto juga bisa disebut dengan rumah yang ada dihutan, area terpencil, dataran yang unik, serta berada di sebuah pulau kecil.

Rumah jenis pluto ini bisa tergolong rumah mewah bahkan super mewah karena banyak sebagian artis dunia memiliki rumah mewah dipulau terpencil bahkan pulau tersebut mungkin sudah miliknya.

Demikian, Itulah beberapa jenis rumah yang perlu Kamu ketahui mulai dari jenis rumah sederhana, jenis rumah minimalis, hingga jenis rumah terbaru.